Siapa sebenarnya customer kita ?



Customer kita yang sebenarnya adalah orang yang mengambil keputusan untuk membeli produk/jasa kita. Jadi, orang yang membeli, orang yang menggunakan produk/jasa kita, itu belum tentu customer kita. 

Kenapa ?
Karena walaupun mereka yang membutuhkan produk/jasa kita, tapi ngga punya wewenang untuk mengambil keputusan untuk beli, maka tidak akan terjadi pembelian. 

Begitu juga dengan membeli, kalau dia ngga punya wewenang mengambil keputusan untuk membeli, maka tidak akan terjadi pembelian.

So, udah jelas target utama kita adalah orang yang mengambil keputusan untuk membeli.

Lalu pertanyaan selanjutnya,
Bagaimana cara menemukan target orang yang mengambil keputusan untuk beli ?

Jawabannya sederhana aja sich, saya coba menjabarkan dengan bahasa ala saya sendiri ya, semoga temen temen bisa faham.

Pertama, tentukan target kebutuhan konsumen seperti apa yang di inginkan. 
Misalnya, target kebutuhan konsumen yang anda inginkan adalah batik. Nah siapa yang biasa menggunakan batik ?
Karyawan kantoran, keluarga yang pengen menghadiri acara resmi seperti pernikahan atau pertemuan pertemuan resmi lainnya.

Kalau orang kantoran kira2 siapa yang mengambil keputusan untuk membeli batik ? 
Untuk acara resmi misalnya acara pernikahan, kira kira siapa yang mengambil keputusan untuk beli seragam batik untuk keluarga ?

Kedua, ketersediaan stock, kwalitas produk dan layanan. Bagaimana mungkin customer mau beli kalau stock nya tidak siap ?
Kwalitas produk dan pelayanan kurang memuaskan ?

Ketiga, di era industri 4.0 ini tentunya bener bener harus bisa memanfaatkan teknologi untuk menjangkau target customer. Misalnya melalui medsos Facebook, instagram, Twitter, atau website.

Melalui medsos tentunya lebih optimal untuk mencapai target konsumen karena via medsos kita bisa menentukan target audience berdasarkan kategori yang sudah di tentukan pada point' pertama tadi. 

Nah muncul lagi pertanyaan berikut nya yaitu "bagaimana cara menggunakan medsos tersebut untuk mencapai target konsumen yang di inginkan ?"

Sepertinya saya harus buat judul postingan tersendiri nih tentangttentang menggunakan medsos untuk mencapai target konsumen.





*** 
Andi nur Muh. Ichsan ( Andi iccank) WhatsApp : 0811-8201-229 
 instagram : @andiiccankart @andi_iccank_art 
Biografi : https://saya.kesiniki.com 
Fanpage fb : https://web.facebook.com/andiiccankart16

Komentar

Pandajaya Store

WhatsApp
-------