Taman wisata alam gunung Tangkuban perahu


Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu


Siapa sich yang ngga kenal dengan objek wisata ini ?
taman wisata alam gunung tangkuban perahu erat kaitannya dengan cerita rakyat "SANGKURIANG".
kisah seorang pemuda yang jatuh cinta kepada ibu kandung nya Dayang sumbi atau Rarasati.

Dayang sumbi mengajukan syarat kepada sangkuriang untuk membuat telaga dan perahu dalam waktu semalam. tujuannya untuk menggagalkan niat sangkuriang menikahinya. dan akhirnya Dayang Sumbi berhasil, kemudian sangkurian marah dan kecewa sehingga menendang perahu tersebut kemudian mendarat dalam keadaan terbalik. perahu ini lah yang kemudian membentuk gunung berbentuk perahu terbalik sehingga gunung tersebut di beri nama gunung Tangkuban perahu.

berdasarkan yang saya kutip dari wikipedia indonesia bahwa "Gunung Tangkuban Parahu terbentuk sekitar 90.000 tahun lalu di Kaldera Sunda. Gunung ini, menurut T. Bachtiar dan Dewi Syafriani dalam buku Bandung Purba, lebih muda dari Gunung Burangrang. Gunung Burangrang yang terletak di sisi barat Gunung Tangkuban Parahu terbentuk sekitar 210.000 hingga 105.000 tahun lalu. Menurut T. Bachtiar, Gunung Tangkuban Parahu lahirnya setelah terbentuknya Sesar Lembang. Ketika Gunung Tangkuban Parahu meletus, sebagian material alirannya yang mengalir ke selatan tertahan di kaki patahan. 

nah....bagi yang mau berkunjung ke Taman wisata Alam Tangkuban perahu, tiket masuknya sangat terjangkau kok. yaitu per orang Rp. 20.000, karcis masuk mobil Rp.25.000 dan karcis parkir nya Rp. 5.000

ada yang mau trip ke sana bareng saya ?

video ini di ambil pada 18 juni 2020



Komentar

Pandajaya Store

WhatsApp
-------