Tips membangun personal brand ala Andi Iccank Art di era digital saat ini


Saya bukan pakar branding, membangun brand sendiri saja saya masih ngos-ngosan belajar sana sini dari pakar ke pakar lainnya. dengan keterbatasan kemampuan saya dalam hal memahami satu bidang ilmu, bukan alasan saya untuk berhenti belajar.

penjelasan atau tekhnik menyampaikan disiplin ilmu branding beda beda tiap pakar. ada yang menjabarkan berdasarkan pengalaman pribadi nya, ada yang menjabarkan dengan pendekatan disiplin ilmu filsafat, algoritma. dll.

nah berdasarkan hasil yang saya pelajari selama ini, ternyata membangun brand khususnya personal branding itu menurut bahasa slenge'an saya, personal brand itu agak terkesan seperti orang cari muka. (ini bahasa saya ya, jangan ada yang tersinggung). bagaimana tidak, karena kita berusaha bagaimana cara biar orang itu senang, kagum, atau memuji kita.

itu awal pemahaman saya tentang personal brand. setelah belajar dari pakar ke pakar branding, ternyata tidak 100 % seperti pemahaman awal saya tersebut. 

bahasa sederhana saya atau saya mencoba menjabarkan personal brand itu seperti berikut ini :
  1. bagaimana cara orang bisa mengenal saya.
  2. saya mempunyai karakter unik dan menarik
  3. mampu memberi solusi di setiap masalah dengan cepat dan baik.
  4. dan yang paling penting adalah lebih banyak menyenagkan orang dari pada nyusahin orang.
lalu pertanyaannya, bagaimana cara untuk mewujudkan atau melaksanakan 4 point di atas ?
simpel aja sich jawaban saya :
  1. hablum minallah, wa hablum minannaas. menjaga hubungan baik dengan Tuhan, dan menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, dan tentunya lebih baik lagi menjaga hubungan baik dengan sesama makhluk Allah lainnya.
  2. jujur. jujur pada diri sendiri dan orang lain
  3. amanah, menjaga kepercayaan orang lain itu lebih berharga daripada dunia dan seisinya.
  4. konsisten, karena kalau ngga konsisten alias gampang berubah seperti peribahasa "bagaikan air di daun talas" maka anda akan sulit mendapat kepercayaan dari orang lain.
kemudian pertanyaan selanjutnya, saya harus memulai dari mana untuk membangun personal brand saya :
  1. bagi yang muslim, perbaiki sholat mu. perbaiki ibadah kepada Tuhan mu.
  2. fokus berbuat baik dengan jujur, amanah, konsisten.
  3. manfaatkan media sosial dengan bijak. apa hubungan nya dengan membangun personal brand ? "di jaman sekarang, media sosial adalah wadah berkumpulnya seluruh manusia di bumi ini. so, buat lah status, postingan, foto2 yang positif di medsos kalian, karena orang-orang akan menilai dari konten di akun medsos tersebut."
  4. selebihnya, pasrah sama Tuhan. 
itu tips ala Andi Iccank Art dalam membangun personal brand nya. 
untuk para suhu atau pakar brand lainnya, saya masih membutuhkan sharing ilmu dan pengalaman tentang brand. 

maka dari itu yuk kita ngobrol-ngobrol santai entah via medsos atau ngopi-ngopi bareng di kedai kopi milik UMKM indonesia yang semakin banyak tersebar di indonesia.. yaaa itung itung kita turut berpartisipasi mengembangkan kedai kopi indonesia. 




*** 
Andi nur Muh. Ichsan ( Andi iccank) 
WhatsApp : 0811-8201-229 
Instagram : @andiiccankart @andi_iccank_art 
Biografi : https://saya.kesiniki.com 
Fanpage fb : https://web.facebook.com/andiiccankart16

Komentar

Posting Komentar

Pandajaya Store

WhatsApp
-------